Senin, 10 Maret 2008

Do It Yourself

Saudara gw pernah bilang, bahwa urang Bandung itu semangatnya 'do it yourself'. Katanya lebih punya identitas, makanya tukang sablon kaos di Bandung itu laku berat. Sejenak gw mengiyakan, sambil mengingat jaman gw masih nge-kost dulu. Dulu, berhubung dana gw minim, gw pernah coba-coba 'kreatif' dan membuat sendiri tirai kamar gw dari karton tebel hitam sama benang putih. Hasilnya cukup sukses, kamar gw punya tirai keren yang nggak ada yang nyamain.. sampai itu tirai ketumpahan kopi dan rusak dengan sukses.

Tapi yang saudara gw lupa katakan adalah bahwa 'do it yourself' tidak melulu berarti modal dengkul atau minim. Malahan, terkadang artinya berubah jadi 'duit yourself', alias, duit-duitmu sendiri :D Ada satu pengalaman gw perihal 'duit yourself ini.

Ceritanya, gw mau pasang lampu buat dapur kontrakan gw, yang masih gelap. Berhubung dapur itu masih baru dan memang blum disiapin buat kehadiran sang lampu, maka masih perlu ditambahin kabel, stop kontak, sama socket lampunya. Awalnya, pemilik kontrakan menawarkan diri buat masangnya, gw cukup sediain dananya aja. Merasa bakal ada biaya'ekstra'-nya, gw mutusin buat nolak dan ngerjain sendiri. Bayangan gw, apa susahnya, toh jaman SMA dulu juga ada pelajaran elektronik.

Maka, gw pergi ke toko di depan, beli kabel beberapa meter, stop kontak, socket, dan lain-lainnya. Duit abis gak sampe 5 ribu.. lumayan menurut gw, daripada bayar si bapak kontrakan. Lampu masih ada sisa di rumah. Begitu sampe, gw langsung ber-prakarya.

Pertama, gw motong kabelnya. Kabel gw belah dua, trus gw gigit ujungnya buat ngelupas kabelnya. Waduh, ternyata keras juga yah.. Akhirnya gw potong dikit pake gunting. Sekarang, malah ikut kepotong kabelnya :( Gw potong lagi biar sama, trus coba lagi. Kali ini berhasil.

Berikutnya, gw buka sakelarnya. Gw coba pasang kabelnya ke sakelar. Ternyata kabelnya mesti panjang sebelah. Perasaan pelajaran elektro dulu kagak ada yang kayak gini. Gw kupas lagi kabel satunya. Putus lagi kabelnya. Potong lagi. Pasang lagi. Pas mau ditutup, kabelnya ngganjel.. ternyata mesti dibolongin dikit sakelarnya buat keluar kabelnya. Gw korek pinggirnya pake obeng min. Tak! Pecah semua sakelarnya. X_X

Setelah beli sakelar lagi, gw coba lagi. Tapi malah masalah-masalah lain yang timbul.. sampe yang paling parah, sakelarnya gak mau nyala, dan paling bikin dongkol, kabelnya kependekan. Ujung-ujungnya, gw beli lagi semuanya dari toko, minta si tukang toko pasang sakelarnya, trus minta si bapak-bapak kontrakan pasangin semuanya.. wew, tekor juga deh bayar semuanya.

So the moral of the story, boys and girls, klo mau 'do it yourself', make sure you know what you're doing.. unless you have enough money to boot, that is.

Tidak ada komentar: