Minggu, 09 Maret 2008

Memoirs Of Bandung, pt. 2

Melanjutkan yang sebelumnya, masih tersisa beberapa cuplikan pengalaman gw yang lainnya selama tinggal di Bandung. Berikut ini kelanjutannya.

3. Angkot

Tau kora-kora? Itu tuh, wahana di Dufan yang kayak perahu, trus kita naik dan digoyang-goyang ke depan ke belakang kayak kena ombak. Nah, buat bapak-bapak dan ibu-ibu yang di Bandung yang blum pernah nyobain, gak usah jauh-jauh ke Ancol -- naik aja angkot Bandung yang lagi ngetem. Dijamin sensasinya sama. Pasalnya, si abang sopir angkot Bandung punya kebiasaan aneh: mereka selalu maju-mundurin angkot klo liat penumpang dari jauh. Mungkin maksudnya supaya si penumpang cepet naik, karena ngirain si angkot udah mau berangkat. Pas udah naik, eh dia malah mundur lagi dan ngetem, sambil nunggu 'korban' berikutnya. Awalnya dulu gw juga pernah kecele, sekarang-sekarang karena udah tau gw jalannya nyantai aja klo liat angkot ngetem dari jauh.. Takkan lari angkot dikejar, huehehehehe..


Terlebih lagi, naik angkot Bandung ada bonusnya kalo kedapatan yang supirnya orang Batak. Bonusnya apa? Yaitu 'roller coaster ride' yang cukup bikin sport jantung, alias ngebut di jalanan yang penuh. Yang ini gak ada lawannya deh, dijamin (klo selamat sampe tujuan) cukup buat ngilangin keinginan buat naik roller coaster.

Moral cerita: Gak perlu ongkos mahal buat dapetin kesenangan.. cukup 1000-2000 rupiah aja (walaupun gak jamin masalah keselamatannya)


4. Gasibu dan Wisata Kuliner

Daerah Gasibu dan Cilaki adalah salah satu tempat favorit gw. Kenapa? Karena makanannya berlimpah ruah dan macem-macem! (Kok kesannya kesenangan gw cuman makan mulu yah?) Lebih asyiknya lagi, makanannya relatif murah juga, walaupun harus rela macet-macet dikit pas hari Minggu (apalagi klo lagi ada acara, wow macetnya...).

Tapi bener deh, Bandung bener-bener surga makanan.. kedua setelah Malang, menurut gw (Malang selalu nomor satu!) Di sini segala macem makanan, mulai dari yang paling murah sampe yang paling mahal ada. Serabi Bandung, nasi timbel, sop buah, sampe yang bukan asli Bandung kayak soto sulung dan sate madura sampe ke makanan Eropa bangsa-bangsanya steak. Dan sekali lagi, harganya terjangkau. Kuncinya, jangan malu makan di warung. Malah banyak warung tenda di Bandung yang menawarkan makanan yang asyik-asyik. Baru-baru ini gw abis nyobain nasi warna di Taman Lansia, dibikin kayak nasi timbel cuman nasinya ada yang ijo karena pake bayem, sama ada yang merah karena pake ubi, ditambah ayam goreng sama sambel dan lalap. Uiih.. maknyus.. (Gak kalah deh gw sama reviewnya pak Bondan, hahaha..)

Tapi, ada satu hal lagi yang gw perhatikan dari orang-orang Bandung. Di sini, semua digoreng! Sampe-sampe nangka aja digoreng. Nah, soal ini gw pernah ngalamin kejadian konyol. Suatu ketika, ketika gw lagi jalan-jalan malem-malem, gw mampir ke sebuah tempat makan -- warung sih tepatnya, sayang gw gak inget daerahnya di mana. Gw baca menu makanannya, yang ditulis tangan di papan yang nempel di tembok: ada pisgor, ada tempe, goreng-gorengan gitu deh. Terakhir gw baca ada tulisan nasgor. Lumayan neh, pikir gw, laper-laper gini enak makan nasi goreng. Gw bilang aja sama si abang-abang yang jualan, pesen nasgor-nya satu. Gak sampe 5 menit, si abang udah balik ngasi piring kecil berisi sesuatu ke gw. Ternyata saudara-saudara, yang namanya nasgor itu bukan nasi-goreng, tapi nanas-goreng.. halah, apes deh gw..

Moral cerita: When ordering something, pastikan kamu di tempat yang benar.


1 komentar:

Ali Jaya Meilio Lie mengatakan...

hahahahaah.
enak gak tuh nasgornya?
bagi dong....
btw, ntuh warung emang jual gorengan yah?