Selasa, 11 Maret 2008

A Short Note On Health

Gigi gw sekarang punya kemampuan baru. Bukan cuman buat ngunyah doang, tapi juga bisa buat ngeramal cuaca. Caranya juga nggak tanggung-tanggung, begitu mau ujan deres, gigi gw langsung nyut-nyutan. Makin deres, makin asoy sakitnya. Ini kemampuan baru yang gw dapetin belakangan ini.. entah karena kemampuan gaib gw muncul entah dari mana, atau karena topologi gigi gw udah mirip-mirip ama Grand Canyon yang banyak jurangnya. (Catetan buat adik-adik kecil, terutama anakku Rafa: kelak rajin-rajinlah gosok gigi ya nak.. jangan tiru bapakmu yang sesat ini..)

Yang makin bikin asoy, Bandung berapa hari ini lagi doyan-doyannya hujan. Baru berapa hari lalu hujannya deres banget, menghasilkan gw yang bangun malem-malem dengan gigi snut-snut dengan gegap gempita. Hore. Untungnya, gw udah punya jurus jitu buat ngadepinnya: gosok gigi lagi, kumur-kumur pake obat kumur antiseptik, trus minum biogesic 2 biji pake air anget. Masih agak nyut-nyutan sih, tapi mendingan.. paling nggal bisa gw bawa tidur lagi.

Gigi gw bukan satu-satunya yang ajaib, ada satu lagi. Setiap ganti musim, mau musim ujan ke musim panas atau sebaliknya, gw pasti sakit. Sakitnya sakit flu. Waktu kuliah temen gw ada yang heran, "Lu gak ada angin gak ada ujan, kok bisa sakit sih?" Yah mana gw tau.. Yang jelas, siklus gw semenjak kuliah ya emang udah kayak gitu. Ujung-ujungnya, gw memilih untuk 'bersahabat' dengan penyakit gw, dan memilih bersiap-siap aja klo udah mau dateng waktunya. Dipikir-pikir, sakitnya gw udah kayak cewek mau PMS aja -- udah ada jadwalnya, huehehehe..

Tentu aja gak semua setuju dengan tindakan gw (siapa juga yang menjustifikasi sakit itu biasa?), apalagi bokap gw yang dokter. Salah satu quote bokap gw yang paling sering gw denger di masa-masa muda gw adalah, "Kamu ini masih blum ada separuh usia bapak, kok giginya udah kayak kakek-kakek? Dijaga dong!" Sekarang sih beliau udah bosen ngomonginnya.. Abisnya sampe udah bangkotan gini yah masih teteeep aja cuek masalah gituan. Bini gw, ngerti gw udah gak mempan diingetin, akhirnya punya jurus yang lebih jitu: setiap pagi, dia pasti naruh sikat gigi yang udah dikasih odol di sebelah bak mandi, jadi gw langsung liat pas mandi. Tujuannya dua, biar gw praktis ngambilnya, dan secara lugas bilang ama gw, "gosok gigi doooong!" Yang kayak gini, mana bisa gw lawan? (soundtrack Suami-Suami Takut Istri :D)

Tapi satu yang gw lihat --berdasar pengamatan pribadi sih-- sepertinya kebanyakan dari kita emang cenderung 'bersahabat' dengan penyakit kita. Kenapa gw bilang bersahabat? Soalnya banyak jg yang klo ditanya, jawabnya, "Emang udah wayahe (emang udah waktunya)". Ada macem-macem model penyakitnya, umumnya di kantor gw gak jauh-jauh dari lambung, migrain, pilek-sinusitis sampe wasir, huehehe.. Dalam kasus gw yang udah langganan adalah sakit gigi, pilek dan maag. Dan bagi kita itu sah-sah aja.. selagi gak sampe nginep di Borromeus atau Hasan Sadikin, bisa lah ditahan-tahan dikit. Jebol-jebol dikit yah gak papa.. lumayan buat alasan pulang cepet :D Cuman ada yang bilang ama gw, sakit itu sebetulnya kayak pop-up error message di komputer kita.. bedanya, ini yang ngeluarin tubuh kita. Lah kalo di-skip mulu, kapan benernya? Badan kita khan gak bisa direformat. Toh,dikasi tau gitu gw tetep aja bandel :P

Ada juga sih usahanya kantor gw buat menyehatkan para penghuninya. Pertama, tempat perokok sama non-perokok dipisah (kendati demikian, tetep aja gw suka bandel dan cuek ngerokok di mana-mana) trus, setiap minggu kantor secara rutin ngajak para karyawannya olahraga futsal. Tapi the choice tetep aja di tangan kita, mau diapain badan kita ini? Ada yang bener-bener ngejaga, ada yang setengah cuek kayak gw, dan ada juga yang bener-bener cuek. Kadang kita mesti diingetin dengan cara yang keras biar sadar juga. Seperti masalah biaya: seumur hidup gw, gw blon pernah sekalipun bayar biaya dokter.. sampe akhirnya gw punya keluarga sendiri. Begitu bayar periksa dokter untuk pertama kalinya, gw cukup shock ngeliatin angkanya yang lumayan gede dibanding jatah jajan harian gw--dan itu belum termasuk obatnya. Peringatan yang lainnya, adalah kepergian 2 tante gw beberapa tempo silam karena kanker dan astma.

So the moral of today's story is simple, boys and girls: Jagalah kesehatanmu. (Huuu.. nggak seru..) No, really. At some point, gw personally gak masalah mengabaikan 1-2 warning, tapi terkadang kita harus inget juga batas kita sampai di mana. Else, kita akan butuh lebih dari sekadar 'diagnostic tools' untuk membereskan semuanya.

Edit: Post ini dibuat berdasar anjuran pemerintah, bukan karena penulisnya udah bener-bener sadar. Pada kenyataannya, gw tetep aja blangsatnya.. huahuahua..

Tidak ada komentar: