Senin, 10 Maret 2008

Programmer == Males

Programmer adalah pemalas yang paling hebat di dunia. Lho, beneran.. ini datang dari gua sendiri yang juga programmer. Klo kita rajin, kita bakalan jadi data entry, bukan programmer. Hebatnya, kita dibayar buat males, dan membuat orang lain lebih males. Klo motto PSSI itu 'memasyarakatkan sepakbola dan mensepakbolakan masyarakat' (eh bener gak yah? bodo ah.. males..), motto programmer mungkin 'memasyarakatkan malas dan memalaskan masyarakat'.. huahahaha..

Tapi, malesnya programmer bukan sembarang males. Istilahnya adalah efisiensi. Artinya, meminimalisir waktu pada sebuah pekerjaan, agar bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan pekerjaan lainnya-- atau bermalas-malasan, whichever you so choose. Nah, buat mencapai tujuan ini, pertama kita harus belajar habis-habisan dulu, biar dapet semua ilmunya, terkadang harus terjun ke project baik project kampus maupun real project. Jadi, programmer itu itu rajin dulu di awal, males-malesan kemudian.

Nah, yang bikin gw lebih heran lagi, khususnya dengan analogi di atas, kok kenyataannya masih banyak programmer yang 'rajin' yah? Gw sering ngeliat kasus-kasus ini pada 'anak-anak baru' di dunia programming. Bayangin aja, dikasi tugas suruh bikin modul parser fungsi, besoknya dia kasih gw satu class yang dimasukin berpuluh-puluh fungsi komplit. Di SATU class. Selain bingung cara ngebacanya, gw juga gak abis pikir, kok bisa-bisanya bikin kayak ginian, ngetik berpuluh-puluh baris yang kacau dalam waktu sehari aja. Gw aja gak serajin itu. Padahal kalo dia mau 'males', dia bisa aja bikin satu interface atau abstract class, trus extend-extend aja dari class itu.. Jauh lebih rapi, lebih cepet, dan lebih modular, jadi bisa dibagi-bagi kerjaannya sama yang lainnya. Walhasil codenya gak gw pake dan gw suruh bikin ulang lagi (itulah enaknya jadi team leader, huwehehehehe..)

Zaman sekarang, udah makin banyak cara buat seorang programmer supaya bisa tetep males. Kalo gak percaya, ketik aja di google kata-kata kayak framework atau API.. dijamin lebih dari 1000 result bakal nongol. Dan itu baru dari satu bahasa pemrograman. Malah ada yang bilang, bahwa hampir setiap hari sebuah framework atau API baru lahir. Dan banyak yang canggih-canggih lagi.. kayak Jirr/Irrlicht contohnya. Lha trus ngapain capek-capek bikin yang baru? Kita khan programmer, bukan researcher.. Seperlunya aja klo bikin API. Framework mah jatahnya System Architect dan Analyst. Mending kalo mau bikin library aja.. biar code kita reusable, jadi makin bisa males-malesan kemudian. Lagian dulu juga udah pernah ngajarin, 'Don't reinvent the wheel'. Jadi, jangan terburu nafsu kalo ngerasa nemuin sesuatu yang baru.. simpan energi kreatif kita, atau lebih tepatnya, fokuskan pada hal-hal yang lebih penting -- seperti memilih mau jalan-jalan ke Ciwalk, atau ke Braga?

Jangan salah paham. Kalo kamu menduga gw ngajarin orang biar males, berarti kamu nggak baca posting ini dengan baik. Yang perlu dipahami adalah, sebagai seorang programmer kamu dituntut untuk bekerja lebih pintar, bukan lebih keras. Programmer itu bukan tukang ketik -- Walaupun katanya banyak programmer ahli yang bisa ngetik 2500 baris code dalam semenit. Gw juga masih banyak melihat programmer yang mati-matian menjelaskan apa yang dia buat, padahal klo dia ngerti apa itu desain pattern, dia bisa ngejelasin cuman dengan satu kata: singleton. Jadi suatu saat kamu pusing ngerjain sebuah modul, ngetik-ngetik code trus diapus lagi, diketik lagi, diapus lagi, diketik lagi dan diapus lagi, inget baik-baik apa yang gw sampaikan: programmer itu mahluk males.. ngapain ngetik berbaris-baris code yang gak jelas? Minimize IDE kamu, gambar-gambar dikit UML-nya (atau liat klo ada) kalo kamu mau, dan if all else fail, ketik www.google.com di browser.. hehehehehe..

Jadi apa kesimpulan dari apa yang gw katakan? Well, itu kembali ke interpretasi masing-masing. Tapi klo masih berkutat di modul yang sama selama 3 hari berturut-turut, apalagi stuck cuman di method yang itu-itu aja, maka kamu perlu bertanya, 'sudah cukup malaskah saya?'

...

Udah ah, males...

2 komentar:

lokanatha blogs mengatakan...

wah wacana yang keren
cuman gak ngerti yaaa itu karna kemalesan ku kali hehehhe

makanya ajarin dulu ttg diseine patten, interface apa kek

pokoknya kata2 yang anehhh


heheheheh
posting trus ampe males

joane imoetz mengatakan...

hihihihi.. setuju ...

kalau bisa ngetik 10 baris aja ngapain harus 100 baris ...

mending waktunya buat jalan-jalan ma teman ....