Minggu, 09 Maret 2008

Memoirs Of Bandung, pt. 1

Gw sebenarnya udah 3 tahun tinggal di Bandung, cuman baru sekarang gw me-reflect semua pengalaman gw selama tinggal di sini. Mungkin nostalgia saat mau pindah aja, tapi jujur, gw sangat menikmati tinggal di Bandung, dan berharap suatu saat bisa tinggal di Bandung lagi. Berikut ini beberapa asumsi orang, dan cuplikan pengalaman gw selama tinggal di Bandung.


1. Cewek Bandung

Kata orang, cewek-cewek di Bandung itu geulis-geulis (cakep). Nah, menurut gw, ini gak sepenuhnya bener. Yang bener, anak muda Bandung itu sadar fashion. Gw terkadang ngerasa kesasar ke Harajuku kalo jalan-jalan di Dago -- penuh ama anak muda berambut Spike, atau dandanan ala Laroku. Apalagi kalo hari Sabtu-Minggu.

Tapi ada satu yang bener-bener menhancurkan image gw tentang cewek-cewek di Bandung, yaitu ketika gw sama istri (waktu itu anak gw Rafa blum lahir) jalan-jalan ke BIP. Pas istri gw lagi liat-liat tas obralan di lantai 2, mendadak yang jual tasnya dateng. Nawarinnya sih ramah, cuman penampilannya bikin gw shock tujuh turunan: wanita separuh baya, mungkin usia 35-38 thn, keturunan Tionghoa, tapi rambutnya di-spike dan diskin di samping dan belakang, pake eye shadow item dan lipstick coklat, plus dandanan ala Ratu dan celana jeans pendek! Pake stocking jaring-jaring ama spatu bot lagi! Kata pertama yang gw ucapin ke istri begitu kita jauh dari dia adalah, "What in God's name was THAT?" Asli sumpah metal banget..

Moral cerita: klo cari cewek cakep, jangan main ke BIP lt.2 tempat jual tas obralan.

2. FO dan Distro

Mungkin salah satu yang bikin anak-anak Bandung modis, adalah FO dan Distro yang bertaburan di sepanjang jalan. Klo di Malang, orang berlomba-lomba bikin ruko, maka di Bandung orang pada ngantri bikin FO/Distro.

Salah satu distro favorit istri gw dan gw sendiri adalah Laffie, yang letaknya di deket RS. Borromeus. Favorit istri, karena di sana banyak baju bayi dan pernak-pernik lainnya yang lucu-lucu dan relatif murah. Favorit gw, karena tinggal berapa langkah dari sana ada tempat makan yang enak dan macem-macem makanannya, hehehe.. Walhasil Laffie jadi salah satu tempat yang paling sering kami kunjungi di Bandung; ritualnya selalu muter-muter sebentar di dalam, trus ditutup sama makan lomie di seberangnya.

Sebaliknya, gw sangat jarang berkunjung ke distro. Alasannya macem-macem. Satu, harganya relatif lebih mahal dari FO. Bukannya gw pelit, (pailit mungkin, karena jatah duit gw sering keburu abis buat jajan, hehehe..) tapi pada dasarnya gw emang gak terlalu hobi beli baju. Kedua, model baju-baju distro kebanyakan style-nya anak muda, yang sepertinya udah kurang cocok buat perut gw yang udah perut 'om-om'. Intinya, kunjungan ke FO apalagi distro lebih sering diprakarsai istri gw, kebanyakan dengan alasan liat-liat aja (trus cari lagi nanti di tempat yg lebih murah, huehehehehe...)

Tapi satu ketika, gw tergerak juga untuk membeli sesuatu ketika istri gw ngajak liat-liat Anakkecil yang di Cimandiri. Tapi, bukan baju yang menarik perhatian gw: Di sana, gw ngelihat mainan mobil-mobilan buat anak bayi. Mobil-mobilannya lucu, ada gigit-gigitannya di depannya, trus klo dipencet bisa bunyi macem-macem. Gw cek penjelasan di bungkusnya, katanya buat anak 0-6 bulan.. cocok buat Rafa, pikir gw. Maka ketika istri gw ngusulin kita beliin mainan itu buat Rafa, gw langsung setuju. Wah, ternyata belinya pake perjuangan juga.. Pasalnya pas mau bayar, ternyata gak bisa gesek pake kartu karena koneksi lagi jelek (alesan si mbak-mbak kasirnya). Duit di dompet kurang. Akhirnya gw sama istri bela-belain ke bank Mandiri yang di bawah deket KFC buat ngambil duit. Ternyata ATM-nya juga mati.. sial bener ini hari. Akhirnya gw sama istri memutuskan untuk balik dulu, dan nyoba lagi pas siangnya. Begitu siangnya, sementara istri gw lagi nyusuin, gw langsung naik motor gw ke ATM, ambil duit, trus balik ke lagi ke Anakkecil dan akhirnya bayar mainan yang tadi gw titipin ke si mbak kasirnya.. untung blum diambil orang. Dengan perasaan bangga, gw pamerin mainannya ke istri gw, trus langsung kasih ke anak gw.

Ternyata oh ternyata.. mainan yang udah gw beli dengan perjuangan itu belum bisa dipegang sama anak gw! Pegangannya terlalu di bawah, jadi klo dipegang sendiri pasti jatuh dan kejedok kepalanya. Pinggir-pinggirnya masih susah dipegang sama dia.. tambah lagi bahannya plastik keras, cuman gigitannya aja yg empuk, otomatis bikin gw was-was klo dia goyang-goyangin itu mainan. Akhirnya, gw atau istri selalu ngejagain klo Rafa mainin itu mainan.

Beberapa minggu kemudian, ketika gw sama istri jalan-jalan ke Griya Pahlawan, gw ngeliat mainan gigit-gigitannya lainnya. Bentuknya mobil, dari plastik silikon semua isi air dan sederhana banget.. pokoknya mainan murah banget deh, cuman 20 ribuan. Iseng, gw beli itu mainan. Apa yang terjadi berikutnya saudara-saudara.. ternyata, Rafa seneng banget sama itu mainan, sampe klo udah dikasi udah asik aja sendiri. Malah itu mainan lebih laku dari mainan yang gw beli dari Anakkecil dengan penuh perjuangan. O alah nak..

Moral cerita: Kalo beli mainan, pastikan dulu klo anak lu juga suka.. otherwise bakal masuk kotak untuk waktu yang cukup lama.

Tidak ada komentar: